Kamis, 19 Juli 2012


Saling Menghormati dan Menghargai setiap Perbedaan


Perbedaan awal puasa Ramadhan  tidak perlu dibesar-besarkan. Puasa adalah ibadah yang dilakukan atas dasar keyakinan dari masing-masing umat.

Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama melalui Sidang Isbat, Kamis malam, menetapkan bahwa awal Ramdhan tahun ini jatuh pada hari Sabtu (21/7), sementara PP Muhammadiyah menetapkan awal puasa pada Jumat (20/7).

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi massa Islam telah menetapkan awal puasa pada 20 Juli (Jumat) sesuai perhitungan hisab karena pada Kamis (19/7/2012) ketinggian hilal telah mencapai 1,36 derajat. Saat ketinggian hilal 0,5 derajat, maka saat itu sudah dihitung sebagai awal bulan baru. Perhitungan yang dilakukan Muhammadiyah mengacu pada pendekatan ilmiah. Perhitungan dengan dasar hisab pun sudah dilakukan sejak dulu.

Selain menetapkan awal puasa pada 20 Juli, Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Syawal atau Lebaran pada 19 Agustus 2012. Muhammadiyah juga berencana tidak mengikuti sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan yang biasa digelar Kementerian Agama dengan alasan untuk mengurangi ketegangan dan untuk kebaikan bersama.

Mari kita menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan pendidikan, bulan pencerah dan bulan amal. Yang terpenting puasa kita khusuk, kita melakukan tadarrus, kita menunaikan kewajiban Zakat Fitrah dan Zakat Maal. "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433H."

Berikut ini Jadwal puasa dan Jadwal Imsakiyah 2012 se Indonesia

Masukan kota wilayah Anda berada pada kolom kanan atas pada tabel Imsakiyah. Semoga dengan adanya jadwal puasa atau jadwal imsakiyah 2012 ini lebih memudahkan anda untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan di tahun 2012/1433H.





Jadwal puasa atau jadwal imsakiyah Ramadhan 2012 ini bersumber dari Lembaga Kajian dan Pengembangan Ilmu Falaq (LP2IF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar